Selasa, 28 Juni 2022

MONITORING EVALUASI LUMBUNG PANGAN MASYARAKAT (LPM)

 


Selain itu dalam rangka mewujudkan cadangan pangan nasional maka perlu dilakukan inventarisasi jenis dan jumlah kebutuhan cadangan pangan, memperkirakan kondisi kekurangan pangan dan keadaaan darurat, sehingga penyelenggaraan dan pengelolaan cadangan pangan dapat berhasil dengan baik. Pengembangan lumbung pangan masyarakat dimaksudkan untuk mendekatkan akses pangan anggotanya. Lumbung dipandang sebagai model perangkat ketahanan pangan masyarakat desa yang cukup efektif.

Pengembangan lumbung pangan masyarakat bertujuan untuk: (a) meningkatkan volume stok cadangan pangan untuk kebutuhan masyarakat karena produksi tidak merata sepanjang tahun; (b) menjamin akses dan kecukupan pangan bagi penduduk miskin dan rawan pangan yang memerlukan perlindungan kecukupan pangan dan (3) sebagai bantuan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat kondisi darurat.



Dalam rangka mendukung upaya tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung melaksanakan monitoring evaluasi Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Sumber Rejeki dan Gapokan Bulu Jaya di Desa Tanggulwelahan, Kecamatan Besuki yang dilaksanakan pada hari ini Selasa 28 Juni 2022, dimana dihadiri oleh Tim Monev Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan dan Pengurus Gapoktan.


0 comments:

Posting Komentar