Kamis, 16 Juni 2022

Kunjungan Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo

 



INFO    DINAS    KETAHANAN   PANGAN    KABUPATEN    TULUNGAGUNG    

Berlangsung di Ruang Rapat B2SA Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung, pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung ( Agus Suswantoro, S.Sos, M.Si ) didampingi Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang menerima kunjungan kerja Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo yang dipimpij langsung oleh wakil ketua Komisi B Bapak Ribut Riyanto. Maksud kunjungan kerja ini, karena ingin koordinasi tentang pelaksanaan Pengelolaan cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten ( CPP ).

Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan menyatakan Pengembangan cadangan pangan pemerintah merupakan suatu upaya strategis untuk mendukung penyediaan cadangan pangan di daerah dalam menghadapi keadaan darurat dan pasca bencana serta melindungi petani/produsen pangan dari gejolak penurunan harga pada waktu panen.
Dalam keterangannya di hadapan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung menjelaskan bahwa dalam dalam rangka mewujudkan stok Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Tulungagung strategis pengembangannya adalah pertama dengan menyusun payung hukum berupa Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, memanfaatkan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) untuk pembangunan gudang cadangan pangan dan ketiga Pengadaan stok pangan pemerintah kabupaten tulungagung yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Tulungagung.


Mekanisme penyaluran berdasarkan perintah bapak Bupati ( Top Down ), berdasarkan usulan dari pemerintah desa/kelurahan ( Buttom Up ) dan/atau melalui operasi pasar.
Sasaran pemanfaatan cadangan pangan terutama bagi kelompok masyarakat yang dalam keadaan darurat, terkena bencana dan mengalami kerawanan pangan serta masyarajat yang terkena dampak gejolak harga.

0 comments:

Posting Komentar