Senin, 25 September 2017

Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan

Mutu dan Keamanan pangan merupakan salah satu aspek ketahanan pangan yang terus menerus mendapatkan perhatian dari semua komponen Masyarakat baik Produsen, Masyarakat maupun Pemerintah.
Keamanan pangan adalah suatu kondisi / upaya  yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, fisik dan benda lain yang dapat mengganggu, serta merugikan dan membahayakan bagi kesehatan manusia, mengingat selama ini masyarakat menengah kebawah sering mengkonsumsi makanan produk home industry yang belum tentu sehat dan aman, maka sudah saatnya bagi produsen pangan skala rumah tangga (IRT) untuk tidak menggunakan bahan kimia berbahaya / Bahan Tambahan Pangan (BTP) melebihi takaran penggunaannya, agar produknya layak dikonsumsi, sehat dan aman. 
Melalui kegiatan ini, wawasan dan pemahaman peserta terhadap pengawasan mutu dan keamanan pangan akan semakin meningkat dan yang lebih penting adalah pengetahuan yang telah diperoleh dapat diaplikasikan dan ditindaklanjuti di masing – masing wilayah.
Tujuan Kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pemahaman tentang mutu keamanan pangan
2. Menambah / meningkatkan kesadaran tentang higienitas dan sanitasi bagi penyedia produk pangan olahan
3. Memberikan pengenalan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) serta pangan olahan lainnya yang aman dan efektif berbasis bahan pangan lokal.


0 comments:

Posting Komentar