Rabu, 05 Mei 2021

Sidak Keamanan Pangan oleh TKPD

 


Demi meminimalkan produk pangan yang tidak sesuai, Tim Keamanan Pangan Daerah (TKPD) Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Ngunut dan Bravo Supermarket. Hal ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri guna mencegah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan situasi ini.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Usmalik, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda periodik yang selalu dilakukan oleh Tim Keamanan Pangan Daerah (TKPD) untuk melindungi masyarakat dari pangan yang beresiko terhadap kesehatan. Selain itu Sidak ini bertujuan untuk menjadi pedoman bagi pelaku usaha dalam mendukung pasar sebagai objek wisata. Tentunya dengan kegiatan ini TKPD berharap bahan pangan yang ada di pasar aman untuk dikonsumsi baik pangan olahan maupun pangan segar.

Dalam Sidak yang dilakukan didapati bahwa ada beberapa makanan seperti kerupuk dan teri nasi yang mengandung bahan makanan berbahaya seperti Rhodamin B, Formalin, dan Boraks. Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap bahan pangan yang beredar menjelang Hari Raya Idul Fitri ini



0 comments:

Posting Komentar